Sunday, June 3, 2012

Virus Berbahaya Stuxnet dibuat oleh As dan Israel


[imagetag]

  New York Times mengklaim bahwa mereka memiliki sumber terpercaya yang mengatakan bahwa virus Stuxnet adalah buatan AS dan Israel. Virus tersebut awalnya didesain di AS dan dimodifikasi oleh Israel. Menurut NY Times, program pembuatan virus tersebut dimulai oleh pemerintahan Bush lalu dilanjutkan oleh pemerintahan Obama.

Virus itu awalnya di desain hanya bisa "berkembang biak" di Natanz, fasilitas nuklir Iran, namun saat Israel memodifikasinya, terjadi sebuah bug sehingga virus tersebut mampu mereplikasi dirinya diluar Natanz.

Karena Natanz tidak secara langsung terkoneksi dengan internet, maka virus diinjeksi melalui sebuah thumbdrive (flash disk kecil) yang dibawa oleh seseorang yang bekerja di Natanz. Virus tersebut kemudian menginfeksi sebuah laptop dan laptop tersebut kemungkinan dibawa keluar dari Natanz oleh seseorang yang tidak diketahui. Selanjutnya saat laptop tersebut dihubungkan dengan internet, virus Stuxnet lepas dan menyebar ke seluruh dunia.

Pihak gedung putih sendiri belum mengeluarkan pernyataan terkait hal ini, sementara pihak keamanan digital sibuk melakukan tindakan pencegahan dan berbagai simulasi terkait dampak negatif dari virus tersebut.
#fd452a

No comments:

Post a Comment