Friday, June 1, 2012

Unik, Ilmuwan Amerika Temukan Alat Suntik Tanpa Jarum

[imagetag]
KINI Anda tak perlu lagi takut dengan rasa sakit saat disuntik, karena para ilmuwan dari AS telah menemukan alat suntik tanpa jarum yang dijamin tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Alat suntik temuan tim riset dari Massachusetts Institure of Technology ini akan "menembakkan" cairan obat dalam kecepatan tinggi hingga langsunug masuk ke dalam kulit. Kedalaman kulit yang mampu dijangkau juga dapat diatur oleh suntikan ini.

Tim peneliti yang dipimpin professor Ian Hunter itu merancang alat suntik ini dengan sistem jet-injection dengan mesin Lorentz-force actuator. Mesin ini terdiri dari magnet mungil yang dikelilingi kawat dan tersambung pada piston di dalam ampul obat.

Saat akan digunakan, magnet di dalam mesin memproduksi tekanan yang mendorong piston, lalu melepaskan obat dalam kecepatan tinggi ke lubang ampul. Lubang ini begitu mungil, hanya sebesar sungut nyamuk.

Catherine Hogan, salah satu anggota tim peneliti memaparkan, pembuatan alat suntik ini diharapkan mampu mengurangi rasa takut para pasien terhadap jarum suntik.

Dengan suntikan tanpa jarum, pasien dapat lebih cepat mendapatkan pertolongan medis tanpa rasa takut atau sakit. Hogan menambahkan, alat ini juga dapat menurunkan angka penyebaran penyakit melalui jarum suntik yang tidak steril.

Selain itu, alat ini juga sangat membantu bagi para pasien penyakit tertentu yang harus menyuntik sendiri secara teratur.

"Jika Anda takut dengan jarum dan harus menyuntik sendiri secara reguler, rasa nyaman dan aman menjadi taruhannya," ujar Hogan seperti dilansir Daily Mail baru-baru ini.

"Kami rasa teknologi seperti ini mampu mengatasi phobia jarum suntik yang dialami banyak orang," pungkasnya.

Sumber
#fd452a

No comments:

Post a Comment