Friday, June 1, 2012

Potensi Pemanfaatan Kelapa Sawit di Sumsel


[imagetag]

Palembang Sumatera Sealatan adalah salah satu dari sekian banyak provinsi yang menghasilkan produksi Kelapa Sawit. Dimana pada saat sekarang ini kelapa sawit sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Negara Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di daerah khusus nya Sumsel penyebarannya di daerah Lahat, Jalur, Sekayu, dan Lubuk Linggau Dll. 

Syarat hidup

Tanaman Kelapa Sawit ini Habitat aslinya adalah daerah semak belukar. Sawit dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis (15° LU 15° LS). Tanaman ini tumbuh sempurna di ketinggian 0-500 m dari permukaan laut dengan kelembaban 80-90%. Kelapa sawit membutuhkan iklim dengan curah hujan stabil, 2000-2500 mm dalam setahun, yaitu daerah yang tidak tergenang air saat hujan dan tidak kekeringan saat kemarau. Pola curah hujan tahunan memengaruhi perilaku pembungaan dan produksi buah sawit.  

Manfaat dan Keunggulan Tanaman Kelapa Sawit
[imagetag]
Buah Kelapa Sawit
Di Bagian yang paling utama untuk diolah dari kelapa sawit adalah buahnya. Bagian daging buah menghasilkan minyak kelapa sawit mentah yang diolah menjadi bahan baku minyak goreng. Kelebihan minyak nabati dari sawit adalah harga yang murah, rendah kolesterol, dan memiliki kandungan karoten tinggi. Minyak sawit juga dapat diolah menjadi bahan baku minyak alkohol, sabun, lilin, dan industri kosmetika. Sisa pengolahan buah sawit sangat potensial menjadi bahan campuran makanan ternak dan difermentasikan menjadi kompos. Tandan kosong dapat dimanfaatkan untuk mulsa tanaman kelapa sawit, sebagai bahan baku pembuatan pulp dan pelarut organik, dan tempurung kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan pembuatan arang aktif.
[imagetag]
Kelapa Sawit jadi Minyak Goreng

[imagetag]
Kelapa Sawit jadi Pupuk


Kelapa sawit mempunyai produktivitas lebih tinggi dibandingkan tanaman penghasil minyak nabati lainnya (seperti kacang kedele, kacang tanah dan lain-lain), sehingga harga produksi menjadi lebih ringan. Masa produksi kelapa sawit yang cukup panjang (22 tahun) juga akan turut mempengaruhi ringannya biaya produksi yang dikeluarkan oleh pengusaha kelapa sawit. Kelapa sawit juga merupakan tanaman yang paling tahan hama dan penyakit dibandingkan tanaman penghasil minyak nabati lainnya. Jika dilihat dari konsumsi per kapita minyak nabati dunia mencapai angka rata-rata 25 kg / th setiap orangnya, kebutuhan ini akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan meningkatnya konsimsi per kapita. 

Semoga suatu saat nanti Sumatera Selatan menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di indonesia khususnya dan internasional umum nya. Amin

Demikian yang dapat saya paparkan yang menjadi pokok bahasan dalam artikel ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dll.
Saya banyak berharap para pembaca yang budiman dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada Saya demi sempurnanya artikel ini dan penulisan artikel di kesempatan – kesempatan berikutnya.
Semoga artikel ini berguna bagi saya pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

Nama : Afriansyah
Nim : 09141046
Asal Sekolah : Univ. Bina Darma Palembang
 
#fd452a

No comments:

Post a Comment