Friday, June 15, 2012

Peraturan Unik di Cina Hanya Boleh 2 Lalat di Toilet

Ada peraturan baru di Cina yang mungkin terdengar aneh, yakni tidak boleh ada lebih dari dua lalat di dalam toilet. Aturan ini merupakan standar baru sebagai pedoman toilet umum. Aturan baru itu juga menetapkan standar mengenai bau dan kebersihan sampah di dalam toilet.
[imagetag]
 Ilustrasi 2 lalat/nn.by
Petugas lingkungan itu juga memasang iklan yang ditampilkan di jalan-jalan dengan mengatakan masyarakat harus menjaga fasilitas toilet umum, jika tidak mereka akan mendapatkan hukuman.
Ternyata peraturan tersebut bertujuan untuk mengatur standarisasi manajemen toilet di tempat-tempat seperti taman, stasiun kereta api, rumah sakit dan pusat perbelanjaan, seperti dikutip dari BB News, Rabu (23/5/2012).
Perlu diketahui, salah satu distrik di pusat kota Beijing menerapkan aturan yang serupa pada tahun 2008 ketika negeri Tirai Bambu itu menjadi tuan rumah Olimpiade. Alhasil, sanitasi dan kebersihan di setiap toilet masih berbeda-beda.
[imagetag]
Ada yang menyarankan bahwa peraturan itu akan berjalan dengan baik jika didampingi dengan bimbingan dalam menggunakan toilet dengan cara yang lebih baik.
Namun seperti biasa, banyak masyarakat yang ragu pedoman ini dapat ditegakkan. Entah di Cina, kalau di negara kita rasanya peraturan seperti ini susah diterapkan. Maklum, kalian pun tahu sendiri apa penyebabnya, kan? :P
#fd452a

No comments:

Post a Comment