Tuesday, June 19, 2012

Kosa Kata baru dalam Media Social Online

GeonewZ .  Ada banyak kosakata baru yang muncul di Media Social Online dan kita akan membahasnya satu persatu  seperti di kutip dari Koran-jakarta.com munculnya perbendaharaan kosa kata baru ini sifatnya amat alamiah, menyesuaikan pergerakan sosial umat manusia yang kian intens dan tak mengenal lagi batasan aturan maupun ruang.

[imagetag]


 ilustrasi/masterthenewnet.com

Apalagi sekarang ini, inovasi teknologi informasi kian memudahkan individu terkoneksi di setiap saat dan di mana pun mereka berada. Hasilnya, setidaknya, setiap hari akan muncul kosa kata baru. Tak ada salahnya kita mencari tahu makna kosa kata sosial baru tersebut.

Satu hal yang mesti kita hormati ialah kreativitas mereka dalam menciptakan kosa kata baru tersebut dan pengucapannya yang terkadang menggelitik di telinga dan mengurai senyum di bibir kita.

Flawsome
Ini merupakan penggabungan kata  dari flawless (sempurna) dan awesome (mengagumkan). Gabungan kata flawsome ini biasanya digunakan untuk mengartikan sesuatu yang sangat keren dan dahsyat. Seperti dalam kalimat, "Did you see that car? Totally flawsome."

Namun, maknanya juga bisa berarti konsep bahwa tak ada kesempurnaan, bahkan dari suatu hal yang sangat mengagumkan sekalipun, diambil dari kata flaw (cacat) dan awesome. Seperti dalam sebuah promosi sebuah produk, kata flawsome digunakan agar konsumen tak lagi berekspektasi kesempurnaan dari sebuah produk yang nyatanya memang mustahil.

Ungkapan itu merupakan semacam faktor transparansi yang ingin ditampilkan dan justru membuat konsumen menjadi lebih percaya. Penggunaan kata flawsome di bidang kampanye produk ini menyiratkan sebuah produk yang imbang, brilian, namun tetap memiliki kekurangan.

Amazeballs


Kata itu biasa digunakan untuk menyebut suatu hal melebihi sesuatu yang amazing (menakjubkan). Amazeballs digunakan untuk menyebut sesuatu yang menakjubkan, fantastis, hingga sulit dideskripsikan. Contohnya dalam sebuah percakapan berikut ini.

#1: "After 10 months of desperately searching for a job, I found the most incredible job and start on Monday!" (#1: "Setelah 10 tahun tertekan dalam usaha mencari pekerjaan, saya akhirnya menemukan pekerjaan luar biasa dan akan mulai bekerja hari Senin!") #2: "Aah, that is so amazeballs! I could not be happier for you." (#2: Itu sungguh menakjubkan! Saya sangat bahagia mendengarnya.)

Kata amazeballs ini mulai populer ketika Perez Hilton, seorang blogger Amerika Serikat yang sering mem-posting artikel tentang gosip dan selebritas, menggunakan kata itu ketika men-tweet pada 2009. Bahkan kata amazeballs kian populer saat salah salah satu produsen makanan Inggris, Kellog, mengeluarkan boks sereal, Totes Amazeballs.

Ridonkulous

Kata itu menggambarkan hal yang amat lucu, konyol, atau menggelikan (ridiculous) dalam kondisi yang begitu luar biasa atau ekstrem. Kata ini pertama tercetus oleh karakter Puss in Boots dalam film Shrek dua tahun silam. Ia berucap "You're ridonkulous," kepada tokoh Donkey.

Tak hanya dalam film Shrek, dalam film animasi lainnya yang berjudul Bolt (2008), kata serupa pernah diucapkan karakter Vinnie, namun saat itu tereja dengan redonkulous.

Karmageddon
Sama halnya dengan kata flawsome, kata karmageddon juga merupakan penggabungan kata dari kata karma dan armageddon (pertempuran besar). Secara harfiah, gabungan kata karmageddon ini lazimnya dilontarkan untuk mengungkapkan segala akumulasi peristiwa yang Anda perbuat di masa lalu atau peristiwa kurang mengenakkan atau kesialan yang pernah Anda lakukan pada orang lain yang berbalik menimpa Anda pada saat yang sama.

Kata karmageddon digunakan seperti dalam kalimat, "Aduh, kartu kreditku digunting karena alpa akibat telat membayar. Mana tagihan listrik, telepon, dan air minum belum dibayar lagi. Argh..., bagaimana saya bisa melanjutkan hidup dengan tenang?! Ini benar-benar karmageddon!"

Requestion
Kata ini merupakan penggabungan kata dari request (meminta) dan question (tanya). Requestion merupakan sebuah konsep yang meminta sesuatu secara tidak langsung dengan cara bertanya sekaligus dalam waktu yang sama. Perbedaannya dengan kalimat pertanyaan biasa ialah jawaban dari requestion selalu mudah ditebak atau dimengerti maksudnya, seperti dalam kalimat pertanyaan berikut. #1: "Apa itu permen?" (requestion) #2: "Ya, apa kamu mau?" #1: "Ya!"

Penyingkatan, Akronim, dan Istilah Slang Lainnya

Ternyata kreativitas penciptaan bahasa slang tak hanya terbatas pada pemanfaatan portmanteau. Ada juga yang memanfaatkan istilah ataupun akronim, seperti berikut ini.

Forevs
Kata itu merupakan sebutan singkat dari forever. Awalnya, kata itu mengacu dari pemendekan kata dari sebuah toko busana bernama Forever 21 yang berpusat di California, AS. Banyak remaja yang ketika ingin ke sana menyebutnya, "Ayo kita ke Forevs!" Namun, penggunaan kata itu kemudian berkembang dalam bentuk ucapan dan teks untuk menyebut kata lain dari forever (selamanya), seperti "I love you forevs" (aku mencintaimu selamanya).

Photobomb
Pernah merasa ada orang yang tidak diajak berfoto bersama tiba-tiba nyelonong ikut terpotret bersama di luar keinginan Anda? Itulah makna kata dari photobomb. Orang itu biasanya datang tepat sebelum gambar diambil hingga Anda sering tidak sadar keberadaannya sampai Anda melihat hasil fotonya.

Bisa juga hal tersebut terjadi secara tidak sengaja, misalnya tibatiba ada orang lewat di belakang Anda yang ikut terpotret. Intinya, orang itu membuat Anda terkejut karena foto tampak tidak sesuai keinginan Anda disebabkan ada pihak yang tidak diharapkan ikut terabadikan di sana.

IMHO
Ini merupakan akronim dari "in my humble opinion". Digunakan biasanya dalam percakapan surat elektrnik, sosial media, SMS, dan lain-lain. IMHO berlawanan dengan IMAO yang berarti "in my arrogant opinion".

POS
Mungkin Anda sudah tak asing dengan istilah LOL (laugh out loud), WTF (what the f--k), BRB (be right back), OMG (oh my gosh), dan SMH (shaking my head) saat berkomunikasi lewat media SMS atau chatting. Namun kini, telah ada kosa kata yang baru lagi, yaitu POS. POS itu artinya parents over shoulder yang maknanya mengungkapkan kondisi saat orang tua sedang mengawasi anak mereka saat mereka tengah berkomunikasi lewat media sosial dari balik pundak mereka.

TTYL, IDK, dan YOLO
Akronim TTYL biasanya digunakan dalam pesan singkat seperti SMS atau chat yang jika dijabarkan berkalimat Talk to You Later. TTYL artinya sesuatu yang akan dijelaskan atau akan dibicarakan nanti. Ada pula akronim IDK yang bila dijabarkan menjadi kalimat I Dont Know (saya tidak tahu, atau entahlah).

Sama seperti singkatan lainnya, IDK juga digunakan dalam percakapan singkat, biasanya lebih merujuk pada kalimat lebih panjang lainnya. Selain itu, ada akronim YOLO (You Only Live Once). Akronim itu biasanya digunakan sebagai kata pembenaran, pembelaan untuk melakukan sesuatu yang ringan sampai kebodohan ekstrem.

Misalnya Anda memperingatkan teman untuk tidak melakukan suatu hal yang berbahaya, dan teman Anda menjawabnya dengan YOLO, (You Only Live Once kau hanya hidup sekali). Hidup sekali di mata orang yang mengucapkan itu seolah-olah berarti harus menikmati hidup sesuka dirinya. Kala diucapkan untuk memperingatkan, maknanya jangan gegabah karena apa yang akan dilakukan merupakan hal yang berisiko.


sumber koran-jakarta.com
#fd452a

No comments:

Post a Comment