Friday, June 8, 2012

Fakta Unik Negara Yang Mengikuti EURO 2012


[imagetag]
Oke menjelang kurang dari 1 jam menuju gong pembuka Euro 2012 Polandia-Ukraina sebaiknya Anda membaca artikel ringan dari kami. Tidak, kami tak akan mengajak Anda untuk membicarakan hal yang berat namun amat ringan untuk dinikmati.

Tulisan kali ini akan memuat fakta-fakta unik nan nyeleneh seputar sejarah Piala Eropa secara umum, serta dari 16 kontestan yang bakal berlaga di Polkraina (Polandia-Ukraina), mulai dari Polandia di Grup A hingga Swedia Grup D.



[imagetag]
FAKTA UNIK GRUP A
Untuk Artikel pertama kami akan membeberkan beberapa fakta unik diGrup A, Grup di mana tempat berkumpulnya Polandia salah satu tuan rumah, bersama Negeri para Dewa YunaniRusia serta tak ketinggalanRepublik Ceko.
  • Tuan rumah Polandia memang pernah dua kali menjadi tim terbaik ketiga (medali perunggu) di ajang Piala Dunia, namun tahukah Anda? untuk sebuah turnamen Euro, tahun ini hal itu merupakan partisipasi mereka yang kedua kalinya sepanjang sejarah.
  • Yunani adalah juara Piala Eropa edisi tahun 2004, di Final mereka bertemu Portugal. Dan laga tersebut merupakan ulangan partai pembukaan Euro 2004 yang diselenggarakan oleh Portugal, hal itu merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah, ketika partisipan laga pembuka sama dengan laga penutup.
  • Tahukah Anda siapa juara pertama dari turnamen Euro? Jawabnya adalah Rusia, hanya saja saat itu di tahun 1960 The Reds Army masih bernama Uni Soviet.
  • Tahun 1993 adalah tahun kemerdekaan bagi Republik Ceko, dan sejak mereka merdeka Ceko selalu ikut dalam turnamen Final Euro, bahkan di tahun 1996 mereka menjadi runner up.


[imagetag]
FAKTA UNIK GRUP B
Untuk yang kedua, kami akan membeberkan beberapa fakta unik di Grup B, Grup di mana tempat berkumpulnya Portugal tim berjuluk Sambanya Eropa, bersama De Oranje Belanda, Tim Dinamit Denmark, dan juga timnas multi ras Jerman.
  • Portugal memang belum bisa benar-benar disebut sebagai negara besar dalam sepak bola, mengingat mereka belum pernah juara Dunia maupun Eropa. Namun mereka pernah mencatatkan noda hitam tersendiri bagi Spanyol sang jawara bertahan Euro dan Piala Dunia edisi terakhir. Kemenangan portugal 4-0 di friendly match tahun 2010 menjadi kekalahan terbesar kedua Spanyol sejak dikalahkan Skotlandia dengan skor 6-2 di tahun 1963.
  • Siapa tim paling produktif dalam perjalanan mereka menuju Polkraina? Jawabnya adalah Belanda. De Oranje mencetak 37 gol di babak kualifikasi, dan itu menjadi rekor tertinggi selama kualifikasi sebuah gelaran Euro hingga saat ini.
  • Tahukan anda? Pelatih Denmark Morten Olsen sudah melalui seratus laga lebih untuk tim Dinamit, baik sebagai pelatih maupun sebagai pemain, di masa lalu.
  • Kendati Der Panzer Jerman begitu perkasa, sejatinya tim Jerman tak sungguh-sungguh terdiri dari bangsa Jerman sendiri. Mayoritas pemain kunci malah pemain keturunan, sebut saja Mesut Ozil (Turki), Khedira (Tunisia), Jerome Boateng (Ghana) Podolski dan Klose (Polandia).


[imagetag]
FAKTA UNIK GRUP C
Setelah mampir di Grup A dan B maka untuk selanjutnya ulasan fakta unik akan menyambangi Grup C. Di sini La Roja Spanyol si juara bertahan akan berjibaku dengan Gli Azzurri Italia, si kuda hitamKroasia serta The Green Army Republik Irlandia.
  • Spanyol pernah mengundurkan diri di Piala Eropa edisi pertama tahun 1960, ketika itu mereka sudah di babak perempat final dan bertemu Uni Soviet. Hal itu karena perselisihan politik antara Jenderal Franco dengan rezim komunis yang sekarang menjadi negara Rusia tersebut.
  • Perjuangan Italia di Euro pernah dibunuh oleh gol David Trezeguet (Prancis) di Euro 2000 dan Zlatan Ibrahimovic(Swedia) di Euro 2004. Uniknya pemain-pemain itu selalu didatangkan Juventus di musim berikutnya Serie A dan langsung bisa menjadi bintang yang bersinar terang di kompetisi ranah Italia.
  • Sejak dua tahun lalu Kroasia disebut telah memberikan peraturan khusus perihal pemanggilan pemain ke timnas, syaratnya mereka bukan homoseksual. Selain itu pelatih mereka Slaven Bilic digelari sebagai pelatih terseksi turnamen ini.
  • Seperti halnya Polandia, Republik Irlandia juga baru kedua kalinya lolos ke putaran final Piala Eropa. Pertama kalinya mereka lolos di tahun 1988, saat itu mereka sanggup mengalahkan Inggris di babak grup, dan menjadikan The Three Lions sebagai juru kunci dengan nilai 0.


[imagetag]
FAKTA UNIK GRUP D
Last but not least akhirnya kita sampai juga di Grup D, Grup terakhir tempat 16 kontestan akan berebut 8 tiket menuju Perempatfinal Euro 2012 Polkraina (Polandia-Ukraina). Berikut ini fakta unik dari The Three Lions Inggris, tuan rumah lainnya Ukraina, Tim Ayam Jantan Prancis,The Vikings Army Swedia.
  • Meski sering dilabeli sebagai tim besar, Inggris faktanya baru bisa ikut ke Euro pertama kalinya di tahun 1968. Saat itu mereka bermodal predikat juara Dunia tahun 1966, di turnamen itu mereka menjadi peringkat ketiga.
  • Jika ada prestasi yang membanggakan bagi Ukraina, maka hal itu akan berupa pelatih mereka Oleg Blokhin. Pria ini pernah menjadi pemain terbaik Eropa tahun 1975 bersama Uni Soviet.
  • Tim Ayan Jantan Prancis berusaha 'besar kembali' setelah sempat hancur-hancuran dengan Raymond Domenech. Hebatnya sejak ditangani Laurent Blanc Les Bleus sanggup mengalahkan timnas mapan macam Inggris, Brasil hingga Jerman.
  • Swedia tim asal kawasan Skandinavia ini belum punya prestasi besar, pencapaian terbaik mereka di Euro adalah di 1992, yang sanggup menembus babak semifinal dengan menyingkirkan Inggris, salah satu lawan mereka di Grup D di Euro 2012 ini.




#fd452a

No comments:

Post a Comment