Tuesday, June 12, 2012

5 Benda Tua yang Masih Dapat Bekerja

Peralatan yang kita gunakan sehari-hari pasti punya masa pakai yang relatif bervariasi, misal untuk 1 tahun kedepan, 5 tahun bahkan 10 tahun. Namun tahukah anda ada beberapa barang atau peralatan yang masih berfungsi baik hingga usianya mencapai 50 hingga lebih dari 100 tahun?
Mari kita lihat beberapa peralatan tersebut :

1. Bola lampu tertua yang menyala selama 111 tahun
Bola lampu yang dapat dikategorikan tertua ini telah menyala selama 111 tahun, bola lampu yang dirancang oleh Adolphe Chailet ini masuk Guinness World Record dengan kategori lampu dengan nyala terlama. Sehingga tidak heran bila lampu ini mempunyai klub penggemar yang beranggotakan hampir ribuan di situs webnya sendiri. Bola lampu ini merupakan kebanggaan Fire Station 6, Livermore, northern California.


[imagetag]

2. Vacum cleaner tertua yang masih bekerja, Berfungsi Sejak 1904
Harry Cox mempunyai vacum cleaner (penghisap debu) tertua dan terkenal yang masih berfungsi baik setelah 108 tahun digunakan. Sang pemilik bernama Harry cox, kini berusia 53 tahun atau setengah dari umur penyedot debu miliknya. Dia sangat menyayangi penyedot debunya itu, walau sang istri selalu mengeluh dengan kebisingan yang dibuat alat tersebut.

[imagetag]

3. Kulkas tua, Berfungsi Selama 77 tahun
Keluarga Kinghorn tidak menyangka jika kulkas yang dibelinya pada tahun 1935 masih dapat bekerja dengan baik hingga sekarang. Belum ada penggantian besar-besaran pada komponen kulkas tua ini, hanya perbaikan kecil saja. Rosemary Kinghorn, yang mewarisi alat dari ibu mertua, pemilik asli, meninggal pada 1957 pada usia 79 tahun.

[imagetag]

4. Komputer dengan masa kerja terlama, Berfungsi sejak 1958
Di Ikeda Memorial Hall jepang, ada mesin komputer tua yang benama 128B FACOM. Mesin komputer yang dibuat pada tahun 1958 masih dapat bekerja dengan baik hingga sekarang. Komputer ini membutuhkan upgrade-upgrade kecil agar bisa bertahan sampai saat ini tetapi masih mempunyai sistem inti yang sama. Perusahaan berharap agar mesin ini masih dapat beroperasi hingga tahun 2016 yang juga usia 60 tahun operasi 128B FACOM.

[imagetag]

5. Robot Humanoid Terlama, Dibangun Pada 1950
Robot ini tidak mempunyai kecerdasan, berjalan lambat dengan kaki besinya. Tetapi robot ini mencatatkan diri sebagai robot humanoid pertama di inggris yang dibangun setelah perang dunia ke II. Kerangka robot ini tersimpan di garasi selama 45 tahun yang kemudian pada tahun 1950 robot ini diberi kesempatan hidup. Tony yang berumur 79 tahun menciptakan robot bertinggi 6 kaki ( 180 cm) dari besi tua bekas pesawat pembom wellington yang jatuh dengan harga $20.

[imagetag]

sumber: uniknya.com
#fd452a

No comments:

Post a Comment