Thursday, May 24, 2012

Spekulasi Perjanjian Pra-Nikah Zuckerberg-Chan

[SAN FRANCISCO] Semua orang tahu, Priscilla Chan, telah resmi menjadi istri Mark Zuckerberg, pemilik perusahaan jejaring sosial "Facebook". Pascapesta pernikahan pasangan itu mengejutkan, Chan menjadi sorotan media. Dengan kekayaan melimpah ruah, mungkinkah pasangan muda itu membuat janji pranikah? 


 


Siapakah Chan? Bagaimana dia bertemu dengan Zuckerberg, apa yang membuat hati sang miliarder terpaut hingga menikahinya, dan pernak-pernik pernikahan mereka yang sederhana untuk kalangan elit terus dibahas berbagai media.  
[imagetag]
sumber gambar :washingtonpost.com

Namun yang tak kalah menarik perhatian adalah berbagai spekulasi tentang perjanjian pra nikah Zuckerberg-Chan. Pemicunya adalah pernyataan sang mempelai wanita bahwa tak ada perjanjian pra nikah yang dibuatnya dengan Zuckerberg. 

 Tak hanya kalangan pengamat yang meragukan pernyataan tersebut, Donald Trump, pionir program pertelevisian dan pengusaha sukses di Amerika Serikat (AS) juga ikut berkomentar.  

Sejumlah pengamat menilai dengan kekayaan yang hampir mencapai US$ 20 miliar, adalah sangat 'idiot' jika Zuckerberg tidak memiliki perjanjian pranikah saat meminang Chan untuk menjadi istrinya. Bahkan untuk sebuah pernikahan yang dilandasi cinta sekalipun, adalah wajar untuk membuat perjanjian pra nikah bagi komunitas 'berduit'.  

Donald Trump menyampaikan spekulasi tentang Zuckerberg yang tidak menyadari risiko dari pernikahannya di masa mendatang, dalam sebuah pernyataan yang ditayangkan di CNBC, Selasa (22/5).  

"Mereka menikah dan bisa saja karena alasan tertentu beberapa tahun kemudian mereka bercerai dan kemudian dia (Chan, Red) menggugat bagian dari kekayaan Zuckerberg senilai US$ 10 miliar dan Chan akan mendapatkannya sebagai hadiah utama," katanya.  

Trump menilai, meski pernikahan Zuckerberg-Chan disebut-sebut dilandasi cinta yang sudah dipupuk sejak 9 tahun lalu, namun nyoya Zuckerberg kemungkinan mendapatkan bagian yang jauh lebih sedikit dalam perjanjian pra-nikah.  

"Saya tidak terlalu pelit untuk hal-hal seperti ini, tapi saya pikir jika dia mendapat bagian US$ 1 juta, itu sudah sangat baik," ujar Trump.  

Tak hanya komentar, lelucon pun dibuat berbagai kalangan yang penasaran dengan pernikahan serba "sederhana" Zuckerberg-Chan. Selain mengulas cincin rubi dan gaun pengantin yang tak tergolong "mahal" untuk pernikahan seorang miliarder, media pun memberi beberapa masukan mengenai poin-poin perjanjian pra nikah yang harus dibuat pasangan baru tersebut. 

Globalgrind.com mengulas tentang 10 klausul perjanjian pra nikah yang harus dibuat Zuckerberg-Chan. Salah satunya adalah mengenai klausul perselingkuhan yang mensyaratkan akun 'Facebook'Chan harus dinonaktifkan jika kedapatan tidak setia atau selingkuh dari Zuckerberg.  

Sebagai pengganti, Chan hanya boleh menggunakan akun Google Plus sebagai sumber jejaring sosial satu-satunya. Lelucon tersebut mendapat respon cukup banyak dari pengguna akun 'Facebook' yang berharap kedua mempelai benar-benar bahagia dan saling jatuh cinta, serta terhindar dari drama percintaan "Facebook".  

Berbagai komentar mengenai perjanjian pra nikah Zuckerberg-Chan tidak mendapat respon dari Zuckerberg. Bahkan lelaki yang baru saja berulang tahun ke-29 pada 21 Mei 2012 itu, tak memberi komentar di akun 'Facebook-nya'.  

Komentar justru datang dari Arielle Zuckerberg, adik bungsu Mark Zuckerberg yang membela pasangan yang sudah hidup bersama sejak 2010 itu. "Ini adalah model cinta kuno, bukan soal uang. Sekarang, saya satu-satunya Zuckerberg yang belum menikah," tulis Arielle.  

Sementara juru bicara 'Facebook' juga belum berkomentar mengenai kemungkinan penandatanganan perjanjian pranikah Zuckerberg-Chan, meskipun terbuka peluang keduanya saling memperebutkan aset Facebook yang telah menjadi perusahaan publik, jika terjadi perceraian.   Pengacara Robert Blevans mengatakan, setelah pernikahan terjadi, maka perjanjian pernikahan antara Zuckerberg-Chan akan mencakup pembagian aset 'Facebook' yang awalnya dimiliki Mark Zuckerburg.  

Bahkan jika Zuckerberg dan Chan tak resmi menjadi pasangan suami-istri, Chan masih bisa berpotensi mengklaim porsi dari aset 'Facebook" yang telah mencapai US$ 20 miliar pasca menjadi perusahan publik.  

"Di California, orang yang hidup bersama tanpa manfaat pernikahan bisa mengklaim mereka memiliki kesepakatan untuk menyatukan berbagai sumber pendapatan. Dan meskipun sulit untuk membuktikan, klaim yang terkait dengan pembagian kekayaan biasanya berdampak buruk bagi pihak yang kaya," kata Blevans yang menjadi pengacara di Napa, California, seperti dikutip Reuters.  

Blevans mencontohkan kasus Anthony Maglica, pendiri perusahaan yang membuat senter Maglite. Pada 1994, pengadilan Orange County memutuskan Maglica harus memberikan US$ 84.000.000 kepada Claire, pacarnya yang mengambil nama Maglica dan tinggal bersamanya selama 23 tahun.  

Meskipun Maglica mengajukan banding, namun akhirnya dia menyetujui untuk melakukan negosiasi dengan mantan pacarnya dan menyelesaikan kasus tersebut dengan membayar US$ 29 juta.  

Dia pun mengutip kasus perceraian yang melibatkan orang-orang kaya, seperti aktor Mel Gibson dan penyanyi Paul McCartney yang mengabaikan perjanjian pra nikah. "Orang kaya lebih baik membuat perjanjian pranikah. Saya tidak bisa memahami Zuckerberg menikah tanpa itu," kata Blevans.  

Hal senada juga dikatakan Garret Dailey, seorang pengacara di Oakland, California. Menurutnya, akan lebih baik membuat perjanjian pra nikah karena adanya ketentuan hukum di negara bagian itu, bahwa segala kekayaan yang dimiliki saat pernikahan adalah milik bersama dan harus dibagi sama rata jika terjadi perceraian.   


"Salah satu alasan utama bagi orang-orang kaya masuk ke dalam perjanjian pranikah adalah untuk mencegah terjadinya pembantaian yang datang seiring terjadinya perceraian. Jadi lebih baik membuatnya sejak awal," kata Garrett Dailey, seorang pengacara di Oakland, California.  
Benarkah Zuckerberg-Chan menikah tanpa perjanjian pra nikah? Ataukah keduanya menunda perjanjian pernikahan? Entahlah. Yang pasti, semua mata kini terus memantau perkembangan drama cinta pasangan miliarder Facebok itu. 


#fd452a

No comments:

Post a Comment