Monday, May 28, 2012

Sayur yang Memicu Perut Kembung

[imagetag]

Pernahkah Anda merasa perut menjadi kembung dan tak nyaman seusai melahap sayur dan buah tertentu? Hal ini bisa terjadi sebab ada jenis sayuran yang memicu timbulnya gas di perut alias kembung.

Akan sedikit memalukan seandainya usai makan bersama relasi atau bos Anda, timbul rasa kembung dan perasaan ingin buang angin.

Memang efek yang ditimbulkan tidak sama pada semua orang. Namun secara umum jenis sayuran berikut ini bisa membuat perut Anda kembung dan penuh oleh gas;
  • Bunga-bunga. Misalnya sayur bunga kol, brokoli, asparagus. Sayur ini kerap dikonsumsi sebab banyak gizinya, namun menimbulkan gas di saluran pencernaan.
  • Sayuran bungkul. Misalnya kubis, baik yang putih maupun yang ungu. Efeknya akan makin parah jika dikonsumsi mentah. Merebusnya hingga matang akan membuat perut lebih nyaman.
  • Polong-polongan. Misalnya buncis dan kapri. Kapri berbentuk pipih dan biasanya disebut juga ercis. Efek kembung yang ditimbulkannya bisa dihilangkan dengan memasaknya hingga matang.
  • Buah yang memiliki kandungan sorbitol tinggi. Rasanya biasanya manis. Misalnya saja apel, duku, pear. Buah ini juga menicu kembung dan kentut.
#fd452a

No comments:

Post a Comment