Thursday, May 31, 2012

Resep Masakan Semur Ayam Tahu Nikmat dan Lezat

[imagetag]

Semur merupakan makanan khas Indonesia yang menurut J.J Rizal, sejarawan Indonesia, telah ada sejak abad ke-17, bahkan lebih tua lagi. Makanan ini adalah hasil persilangan budaya dari masa kolonial, yang cara memasaknya tak mengalami banyak perubahan hingga saat ini.

Rasanya yang legit dan lezat, serta cara mengolah yang tak sulit membuat semur kerap dipilih ibu-ibu untuk jadi hidangan bagi keluarga mereka di rumah. Selain itu, jenis bahan dasar yang beragam semisal daging, ayam, jengkol, tahu, telor dan juga kentang membuat semur tidak membosankan disantap.

Berikut ini resep semur dengan bahan dasar ayam dan tahu. Jika Anda hendak menggantinya dengan daging atau telur, maka tidak masalah. Selamat mencoba.
  • Bahan: 1/2 kg ayam, 1 potong besar tahu, kecap manis secukupnya, 1 cangkir air, 1 iris jeruk nipis, 4 sdm bawang merah cincang, 3 siung bawang putih, 1 ruas jahe, 3 sdm bawang goreng, 3 butir cengkeh, 5 atau 6 butir merica dan pala, minyak untuk menumis.
Cara Membuat:
1. Potong ayam dan tahu menurut selera
2. Goreng ayam dan tahu sampai setengah matang, angkat.
3. Haluskan bawang putih dan merica serta pala.
4. Tumis bawang putih halus dan bawang merah cincang, serta jahe. Jika telah wangi masukan ayam. Beri air agar tidak gosong.
5. Masukkan kecap dan air jeruk nipis, serta cengkeh dan garam.
6. Jika hampir matang, masukan tahu terakhir agar tak hancur.
7. Tambahkan air jika ingin berkuah banyak, dan masak dengan api kecil.
8. Terakhir, taburkan bawang goreng. Semur siap disantap.
#fd452a

No comments:

Post a Comment