Friday, May 25, 2012

Penemu "Remote" Televisi Tutup Usia

Eugene Polley, penemu remote control televisi, meninggal dunia pada Minggu (20/5/2012). Orang yang berjasa membuat kita tak perlu repot saat mengganti saluran televisi ini wafat di usia 96 tahun di Chicago, AS

Berita kematian Polley dikabarkan pertama kali oleh Zenith Electronics Corporation, tempat Polley pertama kali memulai karir, sebelum menciptakan perangkat Flash-Matic.


[imagetag]newsvine.com
Eugene Theodore Polley, penemu cikal bakal remote control televisi, meninggal dunia di usia 96 tahun.

Flash Matic yang merupakan cikal bakal remote televisi diciptakan oleh Polley pada tahun 1955 dan . Remote Flash Matic yang diciptakan Polley bekerja dengan menggunakan cahaya, yang dibentuk dalam perangkat berbentuk pistol. Bentuk ini dipertimbangkan Polley pada awalnya untuk menembak televisi ketika muncul iklan.

Dalam kampanye produk ini, Polley menyerukan bahwa Remote Flash Matic bisa menembak televisi sehingga Anda bisa mematikan televisi ketika ketika muncul iklan yang tidak diinginkan.

"Coba pikir, tanpa bergeming dari kursi malas Anda, Anda dapat mematikan, menyalakan, atau mengubah saluran televisi ketika muncul iklan yang menjengkelkan," ungkap Polley ketika memperkenalkan produk ini.

Penemuan cikal bakal remote televisi inilah yang kemudian berkembang menjadi remote televisi, yang tak terpisahkan dari produksi televisi. Tahun 1986, Polley dengan bangga mengatakan kepada seorang jurnalis  yang mewawancarainya bahwa remote control sama pentingnya dengan penemuan sistem 'flush' toilet. "Flush toilet mungkin penemuan paling beradab yang pernah ada, tetapi remote control adalah penemuan penting berikutnya. Sama pentingnya dengan seks," ungkapnya.

Atas temuannya tersebut, Polley menerima bonus ribuan dollar dari perusahaannya. Namun perangkat tersebut tergantikan dengan produk yang lebih efisien dan jauh lebih tahan lama, yang dikembangkan oleh Rebert Adler, rekan kerja Polley di Zenith.

Temuan Flash Matic milik Polley mengandalkan cahaya sehingga sering terganggu dengan pantulan cahaya matahari pada televisi. Adler yang menyempurnakan temuan Polley dengan membuatnya responsif terhadap suara, bukan cahaya. Meski belum sempurna, produk ini dipasarkan pada tahun 1956.

Selama bertahun-tahun, publik kemudian hanya mengetahui bahwa penemu tunggal remote control televisi adalah Adler. Ketika Adler meninggal tahun 2007, Zenith kemudian mengumumkan bahwa Polley dan Adler adalah penemu remote control televisi. Di tahun yang sama, Zenith mewakili Polley dan Adler menerima penghargaan special Emmy Award untuk pengembangan romote nirkabel.

Sekilas tentang kehidupan pribadi Eugene Polley

Eugene Theodore Polley dilahirkan di Chicago, pada 19 November 1915. Ia menyelesaikan pendidikan di City College of Chicago dan the Armour Institute of Technology (yang sekarang menjadi the Illinois Institute of Technology), namun tak punya cukup uang untuk menyelesaikan gelar akademiknya. Pada usia 20 tahun ia bergabung dengan perusahaan Zenith Radio, dimana ia memperoleh 40 sen saham per jam.

Polley bekerja di Departemen Teknik sebagai mekanis yang mahir. Selama perang dunia II, Polley bekerja untuk militer Amerika Serikat, merakit bom dan membuat radar pendeteksi kapal. Setelah perang dunia II usai dan televisi mulai menjajah rumah-rumah di Amerika, Presiden Zenith meminta Polley membuat alat yang bisa membantu konsumen untuk mengatasai kejenuhan akan iklan.

Remote televisi pertama yang diproduksi Zenith bernama Lazy Bones, dipasarkan tahun 1950. Namun, saat itu remote masih menggunakan kabel yang panjang mengular dan menghubungkan remote dengan televisi. Bos Zenith pun meminta Polley membuat remote control nirkabel. Flash Matic yang diciptakan Polley populer di tahun pertama peluncurannya dan terjual 30 ribu set


sumber
#fd452a

No comments:

Post a Comment