Thursday, May 24, 2012

Pembungkus Ayam Goreng Bahayakan Hutan

[imagetag]

Organisasi lingkungan global Greenpeace melarang keras perusahaan makanan siap saji (KFC) untuk berbelanja kertas yang difungsikan sebagai pembungkus diduga hasil produk dari PT Asia Pulp Paper (APP) Sinar Mas Grup.

Menurut rilis organisasi lingkungan itu, Kamis, telah ditemukan adanya keterkaitan antara uji forensik dan penelitian rantai pasokan untuk menunjukkan bahwa beberapa kemasan KFC berasal dari hutan alam Indonesia.

Juru Kampanye Greenpace, Bustar Maitar lewat rilisnya menjelaskan bahwa beberapa kemasan KFC mengandung lebih dari 50 persen serat kayu alam.

"Kemasan-kemasan tersebut berasal dari produk kertas APP, yang bersumber dari penggundulan hutan hujan dan baru-baru ini terbukti menggunakan kayu Ramin, spesies kayu yang dilindungi, yang terdapat di areal pabrik mereka di Sumatera," katanya.

Mengingat adanya temuan itu, menurut dia, sebaiknya KFC harus berhenti membeli produk dari APP Sinar Mas Group menginta perusahaan ini telah perusak hutan yang berulang kali terbukti menghancurkan hutan alam Indonesia untuk membuat kemasan sekali pakai.

"APP memperlakukan Indonesia tidak lebih dari sumberdaya sekali pakai, menghancurkan hutan hujan yang vital bagi masyarakat di sekitar hutan," katanya.

Hal tersebut menurut dia, juga telah bertentangan dengan komitmen Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang berkeinginan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 41 persen di tahun 2020 mendatang.

Menurutnya Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang gas rumah kaca terbesar, yang terutama disebabkan oleh deforestasi.

"Agar Indonesia mampu meraih target pengurangan emisi ini, perusahaan seperti APP harus dihentikan menghancurkan lahan gambut dan menebang hutan hujan," katanya.

Bahkan minggu lalu, kata dia, APP baru saja memberikan konfirmasi akan tetap menggunakan kayu dari penebangan hutan hujan hingga dua setengah tahun ke depan.

Hal demikian tentuntnya menurut dia, sangat disayangkan karena bertentangan dengan komitmen Presiden SBY.

Untuk itu, demikian Bustar, Greenpeace menyerukan kepada KFC, dan sejumlah perusahaan lainnya untuk segera memutus kontrak dengan APP hingga mereka benar-benar berhenti merusak hutan hujan Indonesia.

sumber: antara
#fd452a

No comments:

Post a Comment