Friday, May 25, 2012

Novel Ini Diterbitkan Lewat Twitter

Penggunaan Twitter sebagai wadah kreatif dalam hal tulis-menulis memang sudah tak asing lagi. Puluhan akun khusus fiksi, puisi dan humor baik lokal maupun internasional disambut baik oleh para pengguna. Tidak hanya itu, akun para pengarang ternama pun terus kebanjiran followers.
Bagi para penulis ini, Twitter merupakan saluran terbaik untuk mengekspresikan diri secara langsung di depan para penggemarnya dan, tentu saja, menjadi sarana yang tepat untuk mempromosikan karya-karya terbaru.
Jika selama ini Twitter hanya digunakan sebatas promosi pengumuman tanggal terbit novel baru, Jennifer Egan, memiliki strategi promosi lain yang unik.

Pemenang Pulitzer Prize ini berencana untuk menerbitkan novel terbarunya, Black Box, melalui Twitter dalam minggu ini.[imagetag]
Jennifer mengatakan novel ini ditulis khusus agar bisa dinikmati melalui Twitter dengan memenggal tiap bagian cerita dalam format 140 karakter.
Ia juga menambahkan bahwa idenya mungkin tidak 100% baru, namun ia menyukai konsep 'kedekatan' yang timbul antara dirinya dan para pembaca yang mengakses novelnya melalui telepon genggam.
Jennifer juga ingin mengeksplorasi hal-hal menarik yang mungkin terjadi dalam proses pembuatan tiap penggalan 140 karakter itu.
Novel dengan setting masa depan ini mengisahkan tentang kondisi kejiwaan seorang mata-mata perempuan yang ditugaskan untuk menyamar di daerah Laut Mediterania.
Cerita menarik ini dapat dinikmati melalui akun Twitter milik New Yorker Fiction mulai hari ini dan sepenggal novel akan muncul setiap menitnya selama 1 jam. Novel ini dijadwalkan untuk terus muncul pukul 20.00 – 21.00 waktu US Eastern Time dan akan selesai pada tanggal 2 Juni 2012 mendatang.
Bagaimana menurut Anda? Jika ide ini diadaptasi oleh para novelis berbakat negeri kita, apakah Anda akan mendukung penulisan novel lewat Twitter?


sumber
#fd452a

No comments:

Post a Comment