Friday, May 25, 2012

Mengenal Sejarah Yahudi di Polandia

Bila ke Polandia, tidak ada salahnya mengunjungi kota Kazimierz, yang letaknya tak begitu jauh dari kota Krakow. Kazimierz merupakan bekas distrik Yahudi (Jewish Quarter) sehingga suasana jalan-jalan di Kazimierz tidaklah seelegan Krakow Old Town.

Namun Kota Kazimierz adalah salah satu sudut penting kota Krakow, disinilah sejarah panjang tentang bangsa Yahudi pernah menghiasi bingkai sejarah panjang negara Polandia. Di distrik ini Anda bisa merekam sejarah panjang tempat yang dahulu pernah menjadi medan pertempuran perang dunia II.



Bila Anda tertarik, nikmatilah suasana yang berbeda dengan mengunjungi Old Synagogue (Stara Synagoga), sinagoga (tempat ibadah orang Yahudi) ini dibangun sekitar abad 15 dan kini tak lagi berfungsi.

Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Temple Synagogue, Isaac's Synagogue, bahkan pemakaman Yahudi (New Jewish Cemetery). Setiap tahunnnya tempat-tempat tersebut selalu dipenuhi wisatawan untuk berziarah.

Jangan kaget pula kalau banyak orang keturunan Yahudi dari Eropa atau Amerika datang ke sini untuk berziarah.


Masih berhubungan dengan Yahudi dan distrik Kazimierz, ada tokoh terkenal bernama Oskar Schindler. Oskar Schindler sendiri memang tokoh nyata yang terkenal karena telah menyelamatkan 1200 orang Yahudi.

Lewat pabriknya yang terletak di jalan Lipowa 4, Podgrze atau di pinggiran Kazimierz, Oskar menolong orang-orang Yahudi dengan memperkerjakan mereka di pabriknya sehingga mereka tidak jadi dibawa ke kamp konsentrasi.

Untuk menghormati jasa dan keberanian Oskar Schindler, bekas pabriknya di Podgrze kini telah dijadikan museum Fabrika Schindlera (Schindler's Factory) yang baru saja dibuka bulan Juni 2010.

Distrik Kazimierz dapat dijangkau dari Krakow Old Town dengan menaiki tram dan turun di halte Plac Bohaterow Getta, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju ul. Lipowa 4. 



 [imagetag]

 [imagetag]


 [imagetag]

 [imagetag]


sumber 


Artikel terkait  :
#fd452a

No comments:

Post a Comment