Thursday, May 31, 2012

Mencerdaskan Anak dengan Pelukan

[imagetag]

Ada pengaruh antara pelukan yang diberikan orang tua kepada sang anak. Pelukan ternyata mampu memicu kecerdasan anak. Saat anak dipeluk, otaknya akan merangsang pembentukan hormon oksitosin. Hormon tersebut membuat anak tenang dan mengurangi racun pada otak yang merupakan turunan dari glutamat.

"Derifat glutamat inilah yang menjadi racun di otak dan menyebabkan penyempitan kapasitas otak," kata dr. Gunawan Bambang Dwiyanto dari Pusat Intelegensia Kementerian Kesehatan RI, seperti dikutip Antara.

Derifat glutamat akan muncul ketika sang anak mengalami stres. Kejadian ini membuat adrenalinnya meningkat. Adrenalin turut memengaruhi pembesaran sel otak yang kemudian akan mati, dan digantikan oleh sel otak baru yang mengeluarkan derivat glutamat. Stres pada anak hanya berujung pada penyempitan kapasitas otak, yang membuatnya lebih terbatas dalam menyerap informasi.

Pelukan bisa menekan rasa stres anak, sekaligus mengembalikan kondisi kapasitas otak anak bekerja seperti sedia kala. Informasi pun dapat terserap lebih banyak di otak anak.
#fd452a

No comments:

Post a Comment