Wednesday, May 30, 2012

Masakan Daging Babi Indonesia yang mengguncang dunia (Nikmat&terkenal kelezatannya!!)

Intermezo:
Apakah daging yang paling laris didunia? jawabannya adalah daging babi. Daging Babi adalah daging yang tingkat konsumsinya paling tinggi diseluruh dunia (tidak terkecuali di negara kita Indonesia  ). 38% dari seluruh Konsumsi daging dunia.
sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Pork#Consumption_patterns





Telah kita semua ketahui bahwa masakan apapun itu bila dimasak dengan minyak babi pasti tambah +++ nikmat. Apalagi bila kita menikmati dagingnya yang cocok untuk diapain aja (digoreng, dipanggang, direbus, direndang padang, dsb.). Nah, disini saya mau bahas nih makanan favorite kita.

Berikut adalah masakan babi paling terkenal senusantara:
1. Babi Panggang Medan/Batak (bedakan dengan BPK/Babi Panggang Karo)
[imagetag]
Ini masakan babi paling populer senusantara dari Aceh sampai Papua, biasanya daging babi dipanggang (bakar) dan disajikan dengan sayur daun singkong dan soup tulang babi. Ciri-cirinya kulitnya renyah, garing, rasanya panas, ramai rempah dan dagingnya serasa meleleh dilidah, empuk dan tidak bau. Ini masakan babi nomor satu urutan nikmatnya, bahkan sering masuk review dari majalah masakan barat. Favoritenya orang lokal dan orang Bule. Bedanya orang lokal biasanya kuat makan pakai sambalnya yang hijau super pedas itu. Begitu terkenalnya Babi Panggang Medan/Batak ini sehingga tersedia di Negara Perancis, German, Belanda, Australia, Inggris, Russia, dan masih banyak lagi.

Rahasia kenikmatannya ternyata ada pada Andaliman/Sichuan Pepper. Bumbu khusus yang hanya tumbu di Tano Batak, Tibet dan Jepang. Selebihnya? hanya koki Batak yang tahu karena resep ini diwariskan turun-temurun.

Bisa disajikan dengan darah juga.

Harga: Rp.15.000-Rp.27500/porsinya (piring kecil).
Where to Find: Jangan cari restoran carilah "Lapo Bahasa Batak dari Rumah Makan"


Joanne says:
Babi Panggang happens to be my favorite food. I have tried many types of babi panggang in Asia and the US, without a doubt the one in Indonesia is the best.
Thanks for the info.
2. Sang-Sang (Dibaca: sak-sang)
[imagetag]
Juga makanan Batak yang terdiri dari Daging Babi / Anjing dan Kuahnya terdiri dari darah herbal Babi/Anjing dan Santan Kelapa dan Rempah-rempah minimum 15 jenis rempah-rempah. (Jeruk Purut, daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, merica, cabai rawit, daun lemon, jahe, galangal, turmeric dan andaliman.)

Diluar negeri makanan ini paling terkenal dikalangan orang Perancis, yang mana dapat disajikan dengan anggur merah. Sementara di Italia dapat disajikan dengan pasta (sejenis spaghetti / mie besar). Ciri khasnya guyuran darah babi yang telah dicampur ramuan herbal itu memikat hati orang eropa nih.

Biasanya makanan saksang disajikan ketika ada pesta perkimpoian dan memang saksang paling enak itu dipesta pernikahan (mungkin karena diberkati), dan selalu jadi rebutan dipesta pernikahan.

Harga: Rp.15,000-Rp.45,000/porsi
Where to Find: Lapo / Gedung Pernikahan

3. Babi Panggang Cirebon
[imagetag]
Inilah gabungan resep rahasia orang Banten dan Cina Peranakan, popularitas BPC cukup terkenal sekurang-kurangnya sampai Amerika (USA). Kenikmatan daging ini diberi nama (Kanoman style roast pork) oleh orang bule sana. Kenapa diberi nama Kanoman?? konon katanya,...karena lokasi pertamanya ada di Pasar Kanoman Cirebon.

BPC biasanya disajikan dengan Nasi Hainan. Rasanya sangat lezat dan tiadk terlalu manis (kebanyakan Masakan Babi Cina manis-manis).

Harga: Rp.12,500-Rp.25,000
Where to Find? Cirebon


4. Mie Babi Swikiaw (Mie Bangka)
[imagetag]
Bagi anda yang gemar berburu mie, rasanya anda wajib mencoba tantangan sedapnya mie swikiaw Rasa Bakmi Swikiaw pasti menantang di lidah anda.
Betapa tidak, Bangka adalah daerah yang terkenal dengan masakan hasil olahan lautnya. Anda pun bisa menikmati sensasi masakan dan bumbu khas Bangka.

Hati-hati terjebak, Mie Bangka palsu yang pakai daging ayam alih-alih daging babi   rasanya beda jauh banget, dan itu sih bukan Mie Siekaw namanya, tapi Mie Ayam!!. Pastikan anda mendapatkan Mie Bangka yang asli.,...hmmmm nikmat!!

Harga: Rp.9000-17500
Where to Find? Yang enak sih setahu saya dimuara angke.


5. Babi Rica Manado
[imagetag]
Ini masakan super pedas lezat banget dan menjadikan masakan pedas restoran padang serasa sambel level bocah anak TK. Buat yang suka makananHot! penuh bumbu Manado memang rajanya.

Babi Rica adalah makanan khas manado yang terbuat dari daging babi yang dimasak dan diolah dengan rempah-rempah seperti daun jeruk, sereh, jahe, kemiri. Biasanya Babi Rica dimasak dengan menggunakan cabe rawit khas manado yang pedas sebagai bumbu utama. Biasanya rasanya sangat pedas bagi orang yang tidak biasa makan makanan khas Manado siap-siaplah menangis kenikmatan.

Harga: Rp.45,000 keatas
Where to Find: Di Ambassador, tapi yg asli di Menado tetep lbh enak.


6. Be~ Guling A.K.A Babi Guling Bali
[imagetag]
Babi guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan, di mana perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang yang ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah.

Awalnya babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan bahkan hotel -hotel tertentu di daerah bali.

Nama babi guling untuk daerah Bali lebih dikenal dengan be guling. Sebetulnya be guling dapat dibuat dari jenis daging lainnya seperti itik dan ayam. Babi guling yang paling terkenal berasal dari kabupaten Gianyar.

7. dll.



========================

[imagetag]

Tapi tahukah anda bahwa selain kelezatan tersebut ada faktor kesehatan lain yang juga sangat signifikan sehingga Daging Babi begitu populer dimuka bumi ini?
  1. Makan Babi bikin otak pintar (mungkin inilah kenapa orang Batak dan Cina kebanyakan terlahir jenius), hal ini dikarenakan Daging Babi banyak mengandung "Thiamin". Zat yang berfungsi menjaga kesehatan fungsi otak.
  2. Mengandung protein sangat tinggi!! Jadi ternyata sangat cocok buat yang mau Diet/Langsing.
  3. Dibandingkan daging hewani lainnya, daging babilah yang paling rendah kandungan garamnya sehingga sehat bagi ginjal anda.
  4. Banyak mengandung zat besi. Sehingga membantu reproduksi darah dan sangat menolong bagi orang yang anemia.
  5. Daging Babi kaya akan Vitamin B12, satu-satunya Vitamin penting yang tidak terdapat pada sayuran dan buah-buahan manapun.
  6. Kaya akan zinc, dan termasuk zinc yang paling mudah diserap tubuh (menambah vitalitas, energi dan power)
  7. Takut gendut? But at the same time ngidem makan daging babi? Sekali2 makan pork itu sehat, terutama makan fats nya yg biasanya org Tionghoa sebut "sam cam bak". Sering denger orang2 selalu bilang "babi gendut, makan kebanyakan daging 'sam cam' bisa2 cholesterol naik" TUNGGU dulu! Ada orang jg blg makan daging "sam cam" itu kulit bisa bertambah mulus.

[imagetag]



SUMBER : KASKUS
#fd452a

No comments:

Post a Comment