Wednesday, May 23, 2012

Manfaat Buah Kurma untuk Penambah Energi

[imagetag]

Di balik rasanya yang sangat manis, kurma memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kebaikan tubuh. Buah yang banyak ditemukan pada bulan Ramadhan dalam kelender Islam ini, memiliki nutrisi vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam satu butir kurma terdapat kalsium, belerang, besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium. Kurma tepat digunakan sebagai salah satu menu diet untuk dikonsumsi tiap hari. Daging buah memiliki kandungan serat yang tinggi.

Gula yang terkandung di dalamnya adalah fruktosa dan dekstrosa. Keduanya mudah dicerna oleh tubuh karena masuk dalam kategori gula sederhana. Dengan begitu, proses metabolisme berlangsung lebih cepat dalam menggantikan energi yang hilang setelah bekerja berat atau berpuasa.

Seratnyamampu menyerap kolesterol jahat (LDL) sehingga tidak sampai menjadi kerak di pembuluh darah. Kalau mengalami sembelit, kurma dapat dipakai sebagai obat pencahar alami.

Belum selesai sampai di situ, berbagai antioksidan berkumpul dalam buah kurma. Misalnya jenis antioksidan flavanoid dengan berbagai bentuk, seperti karoten, lutein, dan zeaxanthin. Juga, terdapat vitamin A dalam kadar yang tinggi.

Untuk mengambil manfaat kurma, bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai menu masakan. Pastinya, tidak rugi mengonsumsi kurma secara rutin.
#fd452a

No comments:

Post a Comment