Tuesday, May 22, 2012

Kota Penyelenggara Euro 2012: Lviv

LVIV, UKRAINA
Populasi: 760,000 jiwa
(Metro: 1,498,000)
Moto: 
Semper fidelis
(Latin: "Selalu percaya")
Stadion: Arena Lviv (34,915 bangku)
Klub Top: Kaparty Lviv

Selamat Datang Euro 2012 di Lviv

Dibaca "Le-vile" atau juga dikenal dengan panggilan Jerman, Lemberg. Lviv merupakan kota ramai yang jarang dikunjungi turis, tetapi memiliki sentuhan Barat. Julukan untuk kota ini pun "Little Paris of Ukraine" atau Paris kecilnya Ukraina.


[imagetag]Sejarah

Ditemukan pada 1256, tapi kemudian jatuh di bawah pemerintahan Polandia, kemudian Kekaisaran Austria, kemudian kembali ke tangan Polandia, sebelum akhirnya menjadi bagian dari Uni Soviet. Jerman lalu masuk sebentar sebelum Soviet kembali memilikinya dan menendang semua orang Polandia keluar. Wajar kalau ada semacam krisis identitas bagi masyarakat Lviv,

Sejak 1991 kota ini merdeka di bawah bendera Ukraina sebagaimana semua kota Eropa timur yang berupaya lepas dari cengkeraman komunisme.

Terkenal Akan...

Catur. Dianggap menjadi rumahnya olahraga catur, Lviv banyak mencetak Grandmaster, seperti Vassily Ivanchuk, Leonid Stein, Alexander Beliavsky, Andrei Volokitin, dan nama-nama terkenal lainnya.

[imagetag]

Tempat Menginap
  • [imagetag]Apartemen Rynok Square: Berjarak dekat dari kafe-kafe Lviv serta banyak atraksi di area sekitarnya. Apartemen terjangkau ini memiliki segala yang diperlukan dan pemiliknya pandai berbahasa Inggris, Polandia, dan tentu saja Ukraina. Ada diskon untuk menginap lebih dari tiga malam.
  • Hotel NTON: Sedikit berkelas, tetapi pantas karena hotel ini memilliki fasilitas kompleks kebugaran yang menawarkan pijat, gym, solarium, sauna, mandi Turki, jacuzzi, IR-sweating. Lengkap!
  • Grand Hotel (kanan): Untuk mereka yang berkantong tebal, Grand Hotel merupakan bangunan tua yang terletak di tengah kota, tepat berada di depan patung Teras Shevchenko.

Berkunjung

  • [imagetag]Bania: Sauna bergaya Rusia ini begitu populer di masa lalu bagi penduduk lokal, tapi harus diperingatkan bahwa di sini orang-orang terbiasa bersauna telanjang bulat.
  • Krushelnytska Opera House: Beberapa penampilan spektakuler Eropa timur berasal dari Lviv dan bisa ditemukan di tempat ini, begitu juga dengan pertunjukan teater.
  • Market Square (kanan): Salah satu spot paling romantis kota ini (dan beberapa menggunakannya untuk melayangkan lamaran). Pemandangan spektakuler tersaji dari puncak menara balai kota.

Tahukah Anda?


Lviv menjadi kelahiran sepakbola Polandia. Saat diperintah Polandia, pertandingan pertama digelar di Lviv antara Lwow dan Krakov pada 14 Juli 1894 dan gol pertama dicetak pada pertandingan yang sama.

Figur Terkenal

[imagetag]Aktor Hollywood terkenal dari era 1930-an, Paul Muni, lahir di Lviv (saat itu Lemberg, ibukota Galicia), tetapi pindah ke Amerika Serikat dan menjadi bintang layar perak, termasuk membintangi Scarface karya Howard Hawks. Dia menjadi nominator Aktor Terbaik Oscar enam kali dan satu kali menyabet trofinya melalui film The Story of Louis Pasteur.


sumber
#fd452a

No comments:

Post a Comment