Friday, May 18, 2012

Konser Lady Gaga di Jakarta Resmi Dibatalkan Polisi, Alasannya?

Konser Lady Gaga di Jakarta akhirnya resmi dibatalkan pihak Polda Metro Jaya. Konser pelantun "The Born This Way" ini dianggap akan menimbulkan konflik karena tidak sesuai dengan sosial budaya di Indonesia. Berikut pernyataan perwakilan dari Polda Metro Jaya.

"Dengan demikian, konser Lady Gaga fixed dibatalkan, mengingat faktor sosial budaya yang berdampak pada faktor keamanan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto seperti dikutip dari VIVAnews, Selasa (15/5/2012).

Pihak Polda Metro Jaya selaku pemberi izin konser sudah melayangkan surat pembatalan konser ke Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Mabes Polri). Menurut Rikwanto surat pembatalan tersebut sudah dikirim pada 8 Mei yang lalu.

Lalu kenapa pihak Polda Metro Jaya tiba-tiba melayangkan rekomendasi pembatalan konser Lady Gaga?

Berikut alasannya;

1. Penolakan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Menurut MUI, konser Lady Gaga akan menimbulkan hal yang negatif. Hal itu dipicu karena gaya berpakaian Gaga yang terkesan mengumbar aurat.

2. Masukan dari Lembaga Adat Besar Republik Indonesia (LABRI) LABRI menilai konser Lady Gaga tidak sesuai dengan adat ketimuran yang dianut oleh sebagian besar warga Indonesia.

3. Pendapat fraksi DPR dan FUI Fraksi di DPR menganggap konser Lady Gaga sangat tidak pantas karena terkesan vulgar dan pamer aurat. Menurut FUI, konser Lady Gaga di Jakarta ini hanya akan mengumbar syahwat dan nantinya bisa membawa pengaruh buruk buat generasi Indonesia.

Atas tiga masukan tersebutlah pihak Polda Metro Jaya kemudian membatalkan konser Lady Gaga. Langkah ini dianggap tepat untuk menghindari konflik yang bisa muncul nantinya.

Rencananya konser Lady Gaga bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Konser akan berlangsung pada 3 Juni 2012 mendatang. Belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak promotor konser Lady Gaga mengenai pembatalan tersebut.
#fd452a

No comments:

Post a Comment