Thursday, May 31, 2012

Indonesia ga kebagian Strawberry Moon ,Juni ini

Menurut En.Wikipedia.org, gerhana bulan terjadi apabila letak antara matahari, bumi, dan bulan berjajar lurus. Bumi menghalangi sinar matahari untuk menyinari permukaan bulan. Kejadian inilah yang dinamakan gerhana bulan.

Dikarenakan bulan tidak memiliki sinar yang menyilaukan seperti gerhana matahari, maka tidak ada batasan untuk melihat bulan dengan menggunakan mata telanjang. Biasanya, gerhana bula hanya terjadi beberapa jam saja, setelah itu akan berganti dengan pemandangan bulan seperti hari-hari biasanya.

[imagetag] Duh! Indonesia tidak kebagian tontonan Strawberry Moon, Juni ini
Setelah Supermoon dan gerhana matahari 'cincin api', diperkirakan pada tanggal 4 Juni besok, manusia di bumi akan mendapatkan satu tontonan baru lagi.

Tontonan ini berupa gerhana bulan yang terbelah atau para astronom menyebutnya dengan nama Partial Lunar Eclipse. Disebut dengan terbelah karena, posisi matahari, bumi, dan bulan memang sedikit lurus berhadap-hadapan, namun bulan masih dapat 'mengintip' dan mendapatkan sinar matahari.

Hal tersebut dapat diartikan bahwa, tidak semua permukaan bulan akan tertutup oleh bumi. Tidak seperti gerhana bulan pada umumnya, gerhana bulan kali ini akan berlangsung sedikit lebih lama yaitu kurang lebih 4 jam setengah.

Menurut Space.com, terdapat tiga tahapan dalam gerhana bulan kali ini yaitu, Penumbral eclipse yang terjadi pada 08:48 UTC, Partial eclipse pada 09:59 UTC, dan Greatest eclipse terjadi pada 11:03 UTC. Partial Lunas Eclipse ini juga mendapatkan sebutan beragam dari beberapa daerah, seperti orang di daratan Amerika akan menyebutnya dengan nama Strawberry Moon dan di Eropa kejadian ini dikenal dengan nama Rose Moon.

Sayangnya, menurut Universetoday.com, pemandangan ini akan terlihat jelas untuk wilayah Eropa, Afrika, New England, dan Kanada bagian timur. Untuk orang-orang yang mendiami wilayah Asia dan sekitarnya, tidak akan mendapatkan pemandangan yang terjadi sekali dalam 354 hari.

Seperti yang dituliskan dalam Chinapost.com.tw, penampakan Partial Lunar Eclipse ini akan muncul kembali pada tanggal 26 April 2013. Pada saat itu, hanya 2 persen dari permukaan bulan yang tertutup bayangan bumi. Apakah setelah Partial Lunar Eclipse ini akan muncul sekuelnya lagi seperti Partial Lunar New Moon dan Partial Lunar Breaking Down? Maaf, itu hanya judul film.


#fd452a

No comments:

Post a Comment