Monday, May 28, 2012

Google Menolak Memblokir Situs Dewasa

[imagetag]

Google Menolak Memblokir Situs Dewasa
Google tidak setuju dengan gagasan pemblokiran situs dewasa yang saat ini sedang ramai dibicarakan di Inggris. Pemerintah Inggris mengajukan proposal kepada pihak swasta dan penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider) mengenai pemblokiran otomatis untuk situs dengan konten pornografi. Sebenarnya Google hanya tidak setuju dengan mekanismenya.

Dikutip dari BBC, mekanisme dalam proposal tersebut memaksa pengguna untuk menggunakan metode opt-in untuk mengakses konten dewasa, hal ini disebut sebagai "kesalahan" oleh Google.

Metode opt-in adalah sebuah metode dimana untuk mengakses konten tertentu, pengguna harus melakukan login terlebih dahulu untuk proses identifikasi dan verifikasi.

Sementara itu pihak penyedia internet atau ISP telah banyak mendapatkan kritik dari kalangan pengguna karena pihaknya tidak terlalu banyak melakukan tindakan untuk mencegah akses ke konten dewasa.
Lain lagi dengan jaringan mobile yang sudah banyak menerapkan metode opt-in dan mengharuskan pengguna untuk melakukan verifikasi sebelum mereka dapat mengakses konten dewasa.

Bersyukurlah bagi masyarakat Indonesia, karena saat ini Kominfo sedang gencar melakukan pemblokiran akses konten dewasa melalui ISP.
#fd452a

No comments:

Post a Comment