Friday, May 18, 2012

Final Liga Champions Paling Banyak di Tonton



[imagetag]
Getty Images
Cobalah tanyakan pada orang-orang di jalan yang mungkin tidak terlalu banyak menghabiskan waktunya di depan televisi soal tayangan apa yang paling banyak di tonton di dunia ini. Mereka jelas akan memberitahu Anda kalau Super Bowl adalah tontonan olahraga yang paling menarik. Tapi ternyata tidak selalu begitu.
Sejak 2009 ketika 206 juta orang menyetel final Liga Champions, semuanya mulai berubah. Apalagi disusul dengan final Liga Champions musim 2011/12 yang mempertemukan Bayern Munich dan Chelsea di Allianz Arena akhir pekan ini. Kabar seputar final akbar ini hampir tak pernah putus.

Dengan begitu bisa dibilang kalau sekarang turnamen paling glamor adalah turnamen yang diselenggarakan UEFA ini. Final tersebut mempertemukan dua klub papan atas Eropa yang memiliki kualitas pemain luar biasa. Yang jelas pertemuan Bayern dengan Chelsea ini sukses mengalahkan tayangan kejuaraan Eropa lainnya. Final Liga Champions musim ini diyakini telah mencuri banyak minat penonton dunia.

Bukan hanya klimaks klasik sepak bola Amerika yang dapat menantang Liga Champions sekarang. Kemenangan telat untuk New York Giants atas New England Patriots pada Februari lalu juga berhasil mencuri hati penonton dengan total 111,3 juta orang. Itu menjadi tahun kedua kesuksesan Super Bowl dimana mereka telah menetapkan patokan baru sebagai program televisi yang paling banyak  ditonton sepanjang masa.


10 TAYANGAN OLAHRAGA YANG PALING BANYAK DI TONTON

[imagetag]Olimpiade Musim Panas Beijing 2008: 4.7 miliar pemirsa dari keseluruhan pertandingan

Olimpiade Musim Dingin Vancouver 2010: 1.8 miliar pemirsa dari keseluruhan pertandingan

Kriket Semifinal Piala Dunia 2011 antara India v Pakistan: Lebih dari 1 miliar

Piala Dunia: Final Afrika Selatan 2010: diperkirakan lebih dari 700 juta

Liga Champions: final 2011: lebih dari 300 juta

[imagetag]Super Bowl: 2012: sekitar 175 juta

Formula 1: 2009 Bahrain Grand Prix: 115 juta

Atletik: Final Kejuaraan Dunia 2009, 100 meter : 95 juta

Tennis: Final tunggal putra Wimbledon 2009: 89 juta

World Baseball Classic: Final 2009 antara Jepang v Korea Selatan: 82 juta
Sebanyak 175 juta penonton yang menyaksikan pertandingan tahun ini tetapi seperti yang mungkin Anda harapkan, Liga Champions akan mendapat suara lebih banyak.

Final musim lalu menarik penonton Inggris hingga lebih dari 10 juta orang ketika Manchester United dan Barcelona bermain di final musim lalu. Namun jika di total ada lebih dari 300 juta orang yang  menonton final 2010/11 itu.

Profil dari siapa yang masuk ke final jelas sangat menentukan. Nama besar klub memiliki peran penting. Hal ini berdasarkan pengakuan keseluruhan dari tim yang terlibat. Untuk musim ini sendiri saja jika diamati dari Facebook ada 10,2 juta penggemar tergabung di laman final Bayern versus Chelsea dengan 3,9 juta penonton meninggalkan tanda 'Like' di halam resmi mereka masing-masing. Sementara jika dibandingkan dengan New York Giants, hanya ada 2,2 juta orang.

Dalam dunia olahraga, bagaimanapun klub memang menjadi daya tarik yang luar biasa. Dari angka-angka yang tersedia, penonton global memilih sebanyak 100 juta penonton untuk Major League Baseball di pertandingan World Series (paling tinggi sekitar 72 juta orang pada 2009) dan final basket NBA (59 juta orang di tahun yang sama).

Namun tentu saja ada permainan finansial di dalamnya. Angka dapat berubah tergantung pada penawaran televisi masing-masing negara. Untuk di Amerika Serikat sendiri finalis meraup €53 juta. Sedangkan Barcelona yang menang atas United mengantongi €51 juta. Namun hadiah berupa uang untuk mereka yang berhasil menjadi juara adalah senilai €9 juta. Sedangkan runner up € 5,6 juta.

Dalam hal ini oleh karena itu diadakan moneter Armageddon dari Kejuaraan play off final di mana yang memenangkan permainan akan memberi Anda senilai £ 90 juta melalui promosi ke negeri khayalan televisi dari Liga Primer. Untuk tim yang sudah mencapai angka puncaknya, mereka kemungkinan besar sudah menghabiskan lebih dari angka itu untuk bisa sampai ke sana. Bagi klub sepak bola mengangkat trofi adalah pencapaian tertinggi untuk mereka ketimbang imbalan berupa uang.

Langit tidak cukup untuk membatasi Liga Champions ketika mereka terpilih menjadi tayangan yang paling difavoritkan di dunia. Ini jelas menjadi suatu pencapaian besar dimana Liga Champions mampu menyalip pesta akbar sekelas final Piala Dunia yang diyakini ditonton lebih dari 400 juta pemirsa.

Ini semua jelas membanggakan apalagi taruhannya adalah peringkat. Selain itu yang tak kalah menarik adalah Olimpade musim panas dan juga Olimpiade musim dingin. Mereka juga mendapat tempat tersendiri di belahan dunia ini. Sementara pertandingan olahraga yang paling banyak ditonton dalam sejarah adalah Kriket. 

Namun tak bisa dipungkiri kalau olahraga internasional seperti sepak bola adalah raja olahraga untuk saat ini. Disiarkan ke lebih dari 220 wilayah di seluruh dunia. Bayern dan Chelsea akan menjadi pembicaraan dimana-mana. Seluruh skuad masing-masing klub tersebut juga tentu mengetahuinya dan mereka sangat senang untuk itu.

Ada tiga ratus juta orang yang akan menyaksikan final tersebut. Tentang rasa emosi yang penonton rasakan tergantung dari apa yang dilakukan dua tim tersebut. Yang jelas tidak ada tekanan untuk itu. 





sumber
#fd452a

No comments:

Post a Comment