Friday, May 18, 2012

7 Fakta Menarik Tentang Klub Arsenal

[imagetag]

Kalian pasti tahu kan klub London utara yang mempunyai ciri-ciri jersey hme warna merah dan dijuluki the young guns karena selalu sukses menghadirkan pemain-pemain muda yang berbakat dan berkualitas, yakk betul sekali yang saya maksut adalah arsenal , inilah 7 fakta menarik tentang klub Arsenal : 

1. Arsenal mencetak rekor 49 kali tidak terkalahkan di Liga Primer dari Mei 2003 sampai November 2004, 38 kali diantaranya terjadi pada musim 2003/04 saat mereka menjadi juara liga. Rekor sebelumnya dibuat Nottingham Forest dengan 42 pertandingan tak terkalahkan, dan itu terjadi di musim 1888/89! Sulit rasanya menyamai atau menumbangkan rekor tersebut dalam waktu dekat.

2. Arsenal memastikan gelar juara Liga Primer musim 1988/89 setelah mengalahkan Liverpool 2-0 di Anfield. Gol kemenangan dicetak Michael Thomas di menit ke-90. Uniknya, Thomas hijrah ke Liverpool pada tahun 1991. Keberhasilan Arsenal meraih gelar secara dramatis itulah yang mengilhami novel Fever Pitch.

3. Kiprah Arsenal pada dekade 1980-an menjadi inspirasi novel laris Fever Pitch yang ditulis novelis terkenal, Nick Hornby. Buku tersebut bahkan dibuat film layar lebar, ada versi Inggris dan Amerika (Hollywood).

4. Film pertama bertema sepakbola adalah The Arsenal Stadium Mistery (1939). Fokus utamanya tentu tentang Arsenal yang dibalut dengan cerita fiksi mengenai kecurangan dalam sepakbola. Beberapa pemain Arsenal ikut bermain sebagai figuran di film itu.

5. Nama Arsenal selalu disebut-sebut sebagai bagian dari budaya sepakbola Inggris. Diantaranya, pada 22 Januari 1927, pertandingan Arsenal melawan Sheffield United adalah pertandingan pertama di kompetisi Inggris yang disiarkan live melalui radio. Lalu, pada 16 September 1937, pertandingan pertama yang disiarkan langsung di televisi adalah pertandingan eksebisi antara tim utama Arsenal melawan tim cadangan Arsenal.

6. Arsenal didirikan pada 1886 dengan nama Dial Square, lalu diubah menjadi Royal Arsenal. Setelah menjadi klub profesional pada 1891, nama klub diubah lagi menjadi Woolwich Arsenal. Pada 1913, mereka bermarkas di stadion Highbury, dan setahun kemudian nama Woolwich dihapus sehingga nama Arsenal dipakai sampai sekarang. 

7. arsenal merupakan klub pertama di dunia yang mempelopori penggunaan no. punggung dalam sejarah sepakbola pada tanggal 25 Agustus 1928, bersama Chelsea menorehkan nomor punggung di baju mereka saat bertanding melawan Sheffield Wednesday serta Swansea Town di hari yang sama
#fd452a

No comments:

Post a Comment