Friday, May 18, 2012

7 Bangunan Menakjubkan yang Dibuat Secara Sembunyi-sembunyi

7. Dr. Dyar's catacombs
Pada bulan september tahun 1924, sebuah truk yang sedang menuju washington dc, terperosok masuk ke dalam tanah. Setelah dilihat lebih dekat, pekerja menemukan bahwa mereka telah menemukan pintu masuk untuk serangkaian terowongan rumit, dengan tinggi 6-kaki dilapisi langit-langit dan dinding berstruktur bata putih. Selama berhari-hari, surat kabar berspekulasi siapakah yang telah membangun labirin bawah tanah misterius tersebut. Apakah mata-mata perang dunia 1? Tentara konfederasi? Ilmuwan gila?. 
[imagetag]
Dengan menghabiskan dana sebesar $1 milyar (sekarang diperkirakan sekitar $15 milyar) detlie membangun proyek rahasianya dimana dia mengubah boeing plant 2 menjadi sebuah perumahan. Hasilnya membuat bangunan yang terpenting di amerika lenyap seketika menjadi sebuah lingkungan komplek, lengkap dengan rumah, pepohonan, bukit, jalan2 dan sebagainya. Detlie berhasil menciptakan sebuah kamuflase yang sempurna sehingga sulit dikenali jika dilihat dari udara. 
6.Kereta Bawah Tanah Pertama New York
Pada tahun 1860an jalan kota new york merupakan tempat yg rawan kriminalitas Alfred Ely Beach, penerbit Scientific American, menawarkan solusi dari bawah tanah dia menawarkan kereta bawah tanah pertama yakni The Beach Pneumatic menggunakan prinsip tabung hisap, Beach membuat prototipenya dengan sistem terdiri dari sebuah terowongan sepanjang 312 kaki dengan diameter 8 meter di sepanjang broadway dari Warren Street ke Murray Street. Dengan kereta berbentuk tabung memuat 22 penumpang di dorong oleh kipas angin sebesar 48 ton sampai ke tempat tujuan.
[imagetag]
rancangan kereta Beach
[imagetag]
Tapi beach menghadapi halangan terbesar yakni politisi korup William "Boss" Tweed. Tweed memiliki kepentingan dalam menjaga perusahaanya yakni kereta trem di atas tanah. Sadar bahwa idenya tersebut bakal ditolak maka ia meminta ijin untuk membangunnya di bawah brodway, dengan mengantongi ijin tersebut beach membangun prototypenya dengan dana $ 350.000 dari kantongnya sendiri. Konstruksi dilakukan terutama pada malam hari, secara rahasia, selama 58 hari. Mungkin kenekatan beach terbayarkan ketika pertama kali dibuka mendapat sambutan meriah dari masyrakat. Dunia memang kejam ketika tweed sadar akan bisnis kereta api beach mengancamnya maka ia melakukan sabotase yang membikin bisnis kereta bawah tanah beach akhirnya harus berhenti.
5. Boeing plant 2
Di awal 1940an, boeing plant 2 merupakan salah satu bangunan yang terbesar dan terpenting di dunia, karena fungsinya sebagai tempat pembangunan pesawat perang, sehingga boeing 2 dikenal sebagai "bangunan yang memenangkan perang dunia ke 2". Bahkan pada puncak perang mereka memproduksi B -17 flying fortresses sebanyak 12 buah perharinya dengan luas sebesar 1,776,000 dan berlokasi di washington, tentunya ini akan menjadi sasaran empuk negara musuh jika ingin menghancurkan amerika karena tidak akan sulit untuk menemukanya, sehingga pihak militer meminta bantuan John S. Detlie seorang hollywood set designer dan art director untuk mengunakan sihir hollywoodnya menghilangkan Boeing plant 2 .
[imagetag]
Boeing plant 2 yg sudah diubah menjadi kawasan pemukiman
Dengan menghabiskan dana sebesar $1 milyar (sekarang diperkirakan sekitar $15 milyar) detlie membangun proyek rahasianya dimana dia mengubah boeing plant 2 menjadi sebuah perumahan. Hasilnya membuat bangunan yang terpenting di amerika lenyap seketika menjadi sebuah lingkungan komplek, lengkap dengan rumah, pepohonan, bukit, jalan2 dan sebagainya. Detlie berhasil menciptakan sebuah kamuflase yang sempurna sehingga sulit dikenali jika dilihat dari udara. 
4. Menara Rahasia Gedung The Chrysler
Pada tahun 1929, dua perusahaan raksasa memulai kompetisi untuk menjadi gedung tertinggi di new york. Di salah satu sudut adalah chrysler building, sebuah perusahaan industri otomotif amerika, dan di sisi lain adalah bangunan yang saat ini adalah 40 wall street, yang disponsori oleh bank of manhattan trust. William Van Alen, arsitek proyek gedung chrysler, melakukan beberapa revisi sebelum menemukan desain akhir dengan ketinggian 807 meter. Hanya satu bulan setelah mengumumkan desain akhir, Van Alen belajar bahwa mantan pasangannya, bernama Sinisterly H. Craig Pesangon, telah ditugaskan untuk mengembangkan sebuah gedung di 40 wall street dengan instruksi khusus untuk membangun sesuatu yang "lebih tinggi chrysler." kedua belah pihak mulai merancang dan mendesain ulang bangunan mereka dalam sebuah kompetisi arsitektur, ketika kontruksi kedua bangunan hampir selesai dan tampak memiliki tinggi yang sama yakni 840 kaki, bank manhattan memberikan uang pada pekerjanya untuk meninggikan bangunanya lagi tinggi 87 M 
[imagetag]
perubahan desain The Chrysler
Sehingga mereka mengklaim sebagai bangunan tertinggi di dunia. Tapi secara diam diam van alen sedang melakukan sesuatu yang rahasia, dia secara diam diam membangun sebuah menara setinggi 185 kaki yang dibuat didalam lubang ventilasi yang berfungsi sebagai tempat mengeluarkan asap apabila terjadi kebakaran. Yang membuat menara chrysler berhasil mengalahkan ketinggian dari gedung 40 wall street. Walaupun sempat menjadi perdebatan tapi the chrysler dianggap sebagai bangunan yang memiliki arsitektur terindah di Manhatan, New York.
3.Kota Rahasia Arras
Belajar dari kekalahan di "Battle of Some" pada tahun 1916, jenderal ingris memikirkan strategi perang yang baru, yg membuat mereka memusatkan perhatianya ke kota Arras di perancis utara, dimana mereka memulai Dig Dug military tactic(taktik militer menggali). Alasan pertama kota ini dipilih karena letak geografisnya yang dekat dengan garis perang , tapi alasan sebenarnya karena kota Arras memiliki bangunan kuno yg dibangun melalui jaringan luas dari ruang bawah tanah, terowongan dan selokan, dengan gua bawah tanah yang luas yang telah digunakan sejak Abad Pertengahan. 
[imagetag]
Para pekerja terowongan saling menghubungkan jaringan bawah tanah kota Arras sehingga menciptakan labirin bawah tanah yang mampu menampung 25.000 tentara, bukan hanya itu saja mereka merubah terowongan tsbt menjadi asrama, dapur, kapel, pembangkit listrik (menyediakan kota dengan lampu) dan sebuah rumah sakit yang mampu mengobati 700 pasukan yg terluka, mereka juga memperluas terowongan tsbt untuk memudahkan pasukan milliter untuk keluar menyerang musuh sehingga menciptakan kota tersembunyi Arras.Pada tanggal 9 April 1917, serangan mendadak diluncurkan pada garis pertahanan Jerman dari kota rahasia, dalam 2 hari mereka mampu merebut pos pos terluar wilayah musuh dan menjadi pencapain terhebat bagi pasukan darat inggris.
2.The Temples of Damanhur
Lebih dari 100 meter di bawah tanah, diukir langsung dari kaki Pegunungan Alpen di utara Italia dimana hanya dapat dimasuki dari sebuah rumah kecil, sederhana, terletak sebuah rahasia yang luar biasa. Menurut Oberto Airaudi (Falco) sejak usia 10 ia telah mengalami penglihatan paranormal dari "kehidupan sebelumnya" dimana ia melihat sebuah candi yang yg luar biasa. Suatu malam di bulan Agustus 1978, Falco dan teman temanya mulai melakukan pengalian yang di dasarkan pada pengelihatan paranormal Falcao, selama 14 tahun mereka membangunnya secara diam tanpa pengetahuan pihak yang berwenang.
[imagetag]
sampai akhirnya rumor pembangunan kuil tersebut menyebar ke masyrakat dan membuat kepolisian bertidak dengan menyuruh Falcao membawa mereka ke kuilnya, Falco dan rekan-rekannya "Damanhurians" menurutinya, memimpin polisi melalui pintu rahasia mereka dan ke gunung. mereka membawa polisi tersebut melaui sebuah labirin yang terbuat dari batuan yang menghubungkan 7 kuil yang diukir dengan indah dengan dinding setinggi 25 kaki, kagum akan keindahanya membuat pemerintah Itali menyita kuil tersebut atas nama Negara. Pemerintah Italipun menjulukinya sebagai keajaiban dunia ke 8.
1.Proyek Kota Rahasia Manhatan 
Pada akhir 1942, Army Corps of Engineers Amerika Serikat membeli 59.000 hektar dari barat laut pedesaan Knoxville, Tennessee, luas tanah yang cukup untuk membangun empat kota seukuran kota Manhattan selain itu mereka juga membangun fasilitas dan bangunan penunjang. Segera, 75.000 orang membanjiri kota dan mulai bekerja di sana tanpa ada yang tahu apa yg mereka bangun dan lakukan. Sampai sebuah surat kabar di Amerika memberitakan tentang penjatuhan bom atom di Jepang kota tersebut akhirnya diberi nama Oak Ridge .
[imagetag]
[imagetag]
tulisan ketika masuk proyek rahasia
Kota tersebut dibangun untuk memproduksi bahan baku untuk pembuatan bom oleh karena itu kota ini disembunyikan, Oak Ridge bukanlah satu satunya kota rahasia yg pernah dibangun terdapat pula di Los Alamos, New Mexico, barat laut Santa Fe . Kota ini, dikenal sebagai " Situs Y " kota ini ditinggali oleh para ilmuwan dan personil militer dengan lokasi yg berada di padang pasir membuat kota ini cocok untuk melakukan eksperimen bom. Proyek Manhattan mempekerjakan lebih dari 130.000 orang, banyak dari mereka tinggal di kota-kota rahasia dan bekerja untuk proyek rahasia negara.
#fd452a

No comments:

Post a Comment