Sunday, May 27, 2012

4 Cara Bertahan di Kantor yang Menyebalkan

Bekerja itu seperti halnya hidup, ada naik dan turunnya. Suasana kantor, bisa berubah cepat dari yang menyenangkan, menjadi menyebalkan. Apalagi jika tekanan pekerjaan meninggi dan patner kerja tidak menyenangkan. Butuh kiat untuk bertahan dan menghadapi situasi seperti ini.

Umumnya, jika tidak tahan, selalu muncul jalan pintas, mencari jalan keluar dari situasi menyebalkan ini. Namun meninggalkan pekerjaan bukanlah pilihan terakhir yang harus segera dilakukan. TEMPO.CO 01 Mei 2012 menyodorkan langkah mengatasi situasi tidak menyenangkan di kantor :

1. Membangun Kelompok Pendukung

Ada hal -hal yang tidak bisa diceritakan kepada sahabat atau rekan kerja karena bisa salah paham, atau memang bagian dari rahasia kantor. Jadi sebaiknya, simpan semua cacian dan keluhan Anda terhadap teman dan keluarga yang bisa dipercaya, dan bicarakan setelah jam kerja. Tapi ingat, jangan terlalu sering sehingga akan membuat mereka sama frustasinya dengan Anda.

2. Temukan Tempat Mendinginkan Pikiran

Carilah kegiatan di luar jam kantor seperti pergi ke kelas kebugaran atau melakukan proyek pribadi di luar kantor. Kuncinya adalah untuk membuat hidup Anda lebih berisi di luar jam kerja sehingga akan membuat drama yang Anda hadapi menjadi lebih mudah ditoleransi.

3. Tetap Berpikir Positif

Mencoba untuk tetap berpikir positif meskipun harus berpura-pura mungkin merupakan langkah yang paling sulit tapi juga paling penting. Anda tidak perlu menjadi teman bagi kesedihan mereka, tapi Anda tidak perlu bertingkah di luar kebiasaan seolah tidak ada kesalahan yang terjadi. Fokus pada kerja Anda, perlakukan orang lain dengan horamt dan berlaku sopan dan tulus seperti halnya dalam situasi kantor yang normal dan sehat.

4. Membuat Daftar

Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan di kantor setiap harinya, semuanya sampai detil-detil yang tidak perlu. Hasilnya akan lebih nyata, dimana Anda akan menemukan banyak hal yang harus dikerjakan. Jika memiliki daftar, maka Anda akan punya tujuan dan tidak peduli betapa menyedihkan situasinya, daftar ini akan membuat Anda sibuk sepanjang hari.
#fd452a

No comments:

Post a Comment